Pemuridan

‭‭Matius 28:19-20 BIMK‬
Sebab itu pergilah kepada segala bangsa di seluruh dunia, jadikanlah mereka pengikut-pengikut-Ku. Baptiskan mereka dengan menyebut nama Bapa, dan Anak, dan Roh Allah. Ajarkan mereka mentaati semua yang sudah Kuperintahkan kepadamu. Dan ingatlah Aku akan selalu menyertai kalian sampai akhir zaman.”

Fungsi gereja sebagai wadah orang percaya, visi utamanya bukan berlomba banyak-banyakan jumlah jemaat, jumlah cabang, apalagi jumlah adSense. Fungsi gereja idealnya ayat ini bilang, untuk menjangkau jiwa-jiwa mengenal Kristus, mengimani Kristus, bahkan menghidupi nilai-nilai Kristus.

Dan untuk gereja dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, gereja perlu untuk menjadikan jemaat gak cuma sekedar hadir, atau jadi anggota, tapi perlu jadi MURID. Tapi, perubahan era satu ke era lain, jelas jadi tantangan tersendiri untuk gereja dapat memenuhi kebutuhan pemuridan disetiap era-nya. Keadaan dinamis yang bisa berubah-ubah ini jelas bukan barang mudah.

Thank God, Ia juga sangat peduli dengan gereja-Nya, Dia tau percis hal ini bukan perkara mudah, sebab itu di kalimat terakhir ayat ini jelas bilang :
"Dan ingatlah Aku akan selalu menyertai kalian sampai akhir zaman.”
Tuhan gak tinggal diam atas amanat agung yang dititipkannya, Dia siap sedia secara aktif untuk SELALU menyertai dan memperlengkapi gereja-Nya sampai akhir zaman (means di setiap era Tuhan janji sertai).

Seperti halnya Tuhan yang sudah lebih dulu menyertai gereja-Nya. Sudah semestinya gereja juga siap sedia secara AKTIF ikut serta dan memperlengkapi setiap jemaatnya dalam DISIPLIN PEMURIDAN.

Sampai pada akhirnya, Hanya gereja-gereja yang lebih dulu memilih tunduk dalam penyertaan Tuhan di setiap season-nya, yang akan memuridkan hati-hati yang rindu untuk selalu disertai Tuhan apapun season-nya.

Previous
Previous

Menjadi Teladan dalam Kepemimpinan Lintas Generasi‭

Next
Next

Looking Beyond the Seed